Kamis, 07 Oktober 2010

Hukum Nun Sukun dan Tanwin

0 komentar
Izhar
  • Izhar Halqi
    Izhar halqimenurut etimologi berarti memperjelas dan menerangkan.Menurut istilah tajwid ialah melafalkan huruf-huruf izhar dari makhrajnya tanpa disertai dengung, dinamakan halqi karena makhraj huruf-hurufnya dari halq (kerongkongan). Hurufnya enam, yaitu: ء, ه, ع, ح, خ, dan غ.
    Contoh:
    Al-Fatihah (1 : 7),
  • Izhar Mutlak
    Izhar mutlakmenurut etimologi berarti memperjelas dan menerangkan. Menurut istilah tajwid berarti melafalkan huruf-huruf izhar dari makhrajnya tanpa disertai dengung. Dinamakan mutlak karena tidak ada kaitannya dengan kerongkongan atau bibir. Izhar mutlak terjadi apabila nun sukun (ْن) bertemu dengan ي (ya) atau و (wau) dalam satu kata. Izhar semacam ini dalam Alquran hanya terdapat pada empat tempat yaitu: (الدنيا - بنيان - صنوان - قنوان) dan (يس والقرآن الحكيم) , (ن والقلم وما يسطرون) karena aturan bacaan kedua-duanya adalah izhar mutlak walaupun berada dalam dua kata. Hal ini sesuai dengan bacaan yang diriwayatkan oleh Imam Hafsh.
    Contoh:
    Al-An'am (6 : 99),
Idgham
  • Idgham Bighunnah
    Idgham bighunnah mempunyai empat huruf, yaitu yang tergabung dalam kalimat(ينمو) (Yanmu), yaitu: م , ن , ي dan و (ya, Nun, Mim wau). Apabila salah satu hurufnya bertemu dengan nun sukun atau tanwin (dengan syarat di dalam dua kata), maka harus dibaca idgham bighunnah, kecuali pada dua tempat, yaitu: pada ayat(يس والقرآن الحكيم) dan (ن والقلم وما يسطرون) yang harus dibaca izhar mutlak, berbeda dengan kaedah aslinya. Hal ini sesuai dengan bacaan yang diriwayatkan oleh Imam Hafsh.
    Contoh:
    Al-Baqarah (2 : 58),
  • Idgham Bilagunnah
    Idgham bila ghunnah mempunyai dua huruf, yaitu:(ر) ra dan (ل) lam. Apabila salah satu hurufnya bertemu dengan nun sukun atau tanwin (dengan syarat di dalam dua kata), maka bacaannya harus idgham bila ghunnah kecuali nun yang terdapat pada ayat (َمن راق), karena di sini harus dibaca saktah (diam sebentar tanpa bernafas) yang menghalangi adanya bacaan idgham.
    Contoh:

    Al-Baqarah (2 : 25),


Iqlab

Iqlab menurut etimologi berarti merubah sesuatu dari bentuknya. Menurut istilah tajwid berarti meletakkan huruf tertentu pada posisi huruf lain dengan memperhatikan ghunnah dan penuturan huruf yang disembunyikan (huruf mim). Dinamakan iqlab karena terjadinya perubahan tuturan nun sukun atau tanwin menjadi mim yang tersembunyi dengan disertai dengung. Huruf iqlab hanya satu, yaitu baa.Contoh:
An-Nahl (16 : 66),
Ikhfa Hakiki

Ikhfa menurut etimologi berarti menyembunyikan. Menurut istilah tajwid berarti melafalkan huruf antara izhar dan idgham tanpa tasydid dan disertai dengan dengung. Disebut juga ikhfa hakiki (real) karena kenyataannya persentase nun sukun dan tanwin yang disembunyikan lebih banyak dari huruf lainnya. Huruf ikhfa ada lima belas, yaitu awal kata dari kalimat: (صف/ ذا/ ثنا/ كم/ جاد/ شخص/ قد/ سما/ دم/ طيبا/ زد/ في/ تقى/ ضع/ ظالما).
Contoh:
An-Naml (27 : 11),

0 komentar:

Posting Komentar